Pages

Jumat, 06 September 2013

Pengenalan Pemograman Berbasis Web

Pemograman Berbasis Web - Pemrograman Berbasis web merupakan salah satu cara membuat web dengan implementasi kode-kode bahasa pemrograman yang dapat berjalan di server. Bahasa pemrograman yang mendukung pemrograman web ini antara lain PHP, JSP, ASP dan lain-lain. Pada pemrograman web terdapat 2 sisi programming. Yang pertama itu Client side programming, client side programming itu proses dilakukan pada sisi client (browser), script programnya dapat dilihat hanya dengan menggunakan view source. Script tergantung pada browser, bila browser tidak mendukung script, maka hasil tidak akan terlihat. Trus yang kedua itu Server side programming  yaitu proses dilakukan pada sisi server, tidak tergantung pada browser, script programnya tidak dapat terlihat sehingga lebih aman dan dapat melakukan konektifitas dengan database, dapat juga memanipulasi.Dalam Pemograman Berbasis Web kita juga mengenal istilah web dinamis dan web statis. 


PENGERTIAN WEB STATIS DAN DINAMIS

1. Web Statis
Web statis adalah website yang mana pengguna tidak bisa mengubah konten dari web tersebut secara langsung menggunakan browser. Interaksi yang terjadi antara pengguna dan server hanyalah seputar pemrosesan link saja. Halaman-halaman web tersebut tidak memliki database, data dan informasi yang ada pada web statis tidak berubah-ubah kecuali diubah sintaksnya. Dokumen web yang dikirim kepada client akan sama isinya dengan apa yang ada di web server.
Contoh dari web statis adalah web yang berisi profil perusahaan. Di sana hanya ada beberapa halaman saja dan kontennya hampir tidak pernah berubah karena konten langsung diletakan dalam file HTML saja.

2. Web Dinamis
Dalam web dinamis, interaksi yang terjadi antara pengguna dan server sangat kompleks. Seseorang bisa mengubah konten dari halaman tertentu dengan menggunakan browser. Request (permintaan) dari pengguna dapat diproses oleh server yang kemudian ditampilkan dalam isi yang berbeda-beda menurut alur programnya. Halaman-halaman web tersebut memiliki database. Web dinamis, memiliki data dan informasi yang berbeda-beda tergantung input apa yang disampaikan client. Dokumen yang sampai diclient akan berbeda dengan dokumen yang ada di web server.


Banyak sekali Bahasa Pemograman yang digunakan untuk membuat suatu website diantaranya :

1.Bahasa Pemograman HTML
2.Bahasa Pemograman PHP
3.Bahasa Pemograman ASP
4.Bahasa Pemograman XML
5.Bahasa Pemograman WML
6.Bahasa Pemograman PERL
7.Bahasa Pemograman CFM
8.Bahasa Pemograman JavaScript
9.Bahasa Pemograman CSS

untuk lebih mengetahui dan memahami tentang pengertian bahasa pemograman diatas disini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar